Kamis, 24 Maret 2011

SECRETS OF SUPER MEMORY (MENGAKTIFKAN DAYA INGAT TANPA BATAS)

Sesuai janji saya terdahulu, kali ini saya akan membahas buku lain dari Eran Katz yang berjudul “Secrets of Super Memory (Mengaktifkan Daya Ingat Tanpa Batas)”. Buku ini diterbitan Ufuk publishing yang juga menerbitkan buku Eran Katz yang lain yaitu “Jerome Becomes a Genius, Mengungkap Kecerdasan Orang Yahudi”. Buku ini diterbitkan di Indonesia pada tahun 2010 dan memiliki 310 halaman.

Tampaknya buku ini memang ditulis sebagai kelanjutan dari buku “Jerome becomes a genius” (selanjutnya kita sebut saja dengan Jerome), karena banyak kontennya yang didasarkan pada buku tersebut. Dengan melihat sepintas saja, anda bisa langsung tahu bahwa buku ini termasuk pada jenis buku metode pengembangan diri. Sub judulnya yang mencantumkan kata “daya ingat” secara langsung menunjukan bahwa buku ini ditujukan untuk membantu anda meningkatkan daya ingat.

Ketika pertama kali membacanya, saya memiliki ekpektasi bahwa buku ini akan sama bagusnya dengan “Jerome”. Berbeda dengan buku lain yang seolah mendikte, “Jerome” menuntun pembacanya melalui alur cerita. “Jerome” mengisahkan tentang tiga sahabat yang menyelidiki metode kaum yahudi untuk mencapai kecerdasan dan kekayaan. Buku ini menggunakan gaya penulisan novel yang menyisipkan materi-materi cara mengingat dan belajar di sepanjang alur cerita. Tanpa sadar kita sudah “diajari” tanpa perlu merasa didikte. Itulah yang saya harapkan ketika membaca buku “Secret of Super Memory”.

Namun saya harus kecewa karena ekspektasi saya tentang buku ini tidak terjadi. Buku “Secret of Super Memory” melulu membahas metode penguatan daya ingat seperti buku sejenis dipasaran. Besar kemungkinan, buku ini memang ditujukan sebagai panduan teknis yang lebih menekankan pada praktek. Sementara buku “Jerome” lebih bersifat umum yang berisi “langkah-langkah” belajar efektif untuk meningkatkan kecerdasan.
Buku ini terdiri dari 23 bab yang berisi metode untuk membantu pembacanya untuk memiliki ingatan yang baik. Entah mengingat wajah dan nama seseorang (yang tampaknya sering kita lupakan), nomor telepon, tugas, dokumen, pelajaran, bahasa, pidato, atau bahkan janji janji kampanye untuk mereka yang telah menang pemilihan daerah (yang seringkali tiba-tiba menderita amnesia akut). Karena merupakan buku terjemahan, contoh-contoh yang digunakan masih menggunakan bahasa inggris untuk menghindari kerancuan. Secara umum, metode ingatan yang dijelaskan dalam buku ini cukup efektif jika dicoba secara terus menerus.

Satu prinsip dalam membaca buku seperti ini, katakanlah metode mengingat, metode membaca atau metode apapun adalah dengan melakukan apa yang diajarkan bagaimanapun konyolnya menurut anda. Saya buka sedikit tentang buku Secrets of Super Memory ini. Salah satu metode yang diajarkan untuk mengingat janji penting adalah dengan sistem imajinasi. Jika anda punya janji untuk membelikan bunga untuk seseorang, maka penulis meminta anda untuk membayangkan bunga tersebut menggunung di meja kerja anda. aneh bukan? Tapi itulah inti dari belajar, sekonyol apapun metodenya, yang terpenting adalah hasil yang anda dapatkan dari metode tersebut. Bukankah itu intinya? Saya tinggalkan anda dengan kebingungan dan sampai bertemu di tulisan saya berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar