Rabu, 30 Maret 2011

REVIEW LARIS MANIS JUAL BELI LEWAT KASKUS


Hari gini memang perlu kreatif. Segala sesuatu pasti berubah, dan hanya dengan berubah kita akan bertahan. Begitu juga dengan berbisnis. Kita tidak bisa lagi mengandalkan cara-cara lama jika masih ingin tetap punya gelar “juragan”. Oleh karena itu, kita tidak bisa lagi sekedar bangun toko, pajang barang dagangan, sebar iklan atau brosur dan berharap pelanggan datang.

Di era dimana bocah-bocah SD sudah menjelajah facebook dan twitter, maka sudah saatnya memanfaatkan media internet untuk memasarkan bisnis kita. Salah satunya adalah melalui situs jualbeli. Situs seperti ini sangat menguntungkan karena penjual tidak perlu repot-repot mengelola toko dan menyewa pegawai. Di sisi lain, Pembeli memiliki pillihan informasi lebih banyak sehingga memudahkan untuk menentukan pilihannya.

Saat ini, situs jual beli online terbesar di Indonesia adalah kaskus. Tercatat, Kaskus memiliki 2.763.814 anggota (termasuk saya), dan ratusan juta postingan iklan. Tidak sekedar kumpulan iklan, Kaskus juga merupakan sebuah komunitas yang memiliki keunikan sendiri. Kata-kata seperti “pertamax”, “agan/gan/Juragan”, “menuju TKP”, “copas”, “repost”, “cendol” atau “bata merah” adalah khas komunitas Kaskus yang akhirnya terpaksa diikuti oleh forum lain. Sebenarnya selain kaskus, masih banyak situs sejenis seperti indonetwork.com, berniaga.com, tokobagus.com, atau jual-beli.com. Namun tidak seperti kaskus yang memiliki aura “pasar lapak” yang kental dengan nuansa keakraban, banyak situs jual beli lain yang tak lebih dari kumpulan iklan yang dingin dan kaku.

Untuk anda-anda yang newbie…, maka seorang Kaskuser senior (begitu dia menyebut dirinya) telah menulis sebuah buku untuk memandu para pemula berjual beli di Kaskus. Buku ini berjudul “Laris Manis Jual Beli lewat Kaskus”. Buku ini ditulis oleh Sisti Handayani dan diterbitkan oleh Penerbit Mediakom. Buku ini cukup tipis (hanya 96 hal) dan diterbitkan pada tahun 2010.

Meski cukup tipis, buku ini sangat informatif dan menjelaskan kepada setiap pembaca bagaimana menggunakan fitur-fitur kaskus termasuk aturan-aturan jual beli dan norma-norma yang berlaku dalam komunitas kaskus. Beberapa poin yang dijelaskan dalam buku antara lain (1) Keuntungan bergabung dalam Kaskus, (2) cara membuat lapak baru, (3) cara tepat mengelola dan mempromosikan lapak dagangan, (4) metode pembayaran jual beli, (5) menggunakan RekBer (rekening bersama), (6) tips mencari produk di Kaskus, dan (7) tips transaksi online yang aman.
Buku ini sangat baik untuk para pemula (termasuk saya) untuk mengetahui seluk beluk “pasar lapak” Kaskus. Karena meskipun online, berjualan di kaskus perlu trik trik tersendiri. Tahukah anda bahwa salah satu cara mencegah postingan baru menutupi postingan lapak anda adalah dengan “disundul”? atau bahwa fitur “spoiler” bisa digunakan sebagai etalase firtual dagangan anda? untuk anda yang hendak berjualan di Kaskus, saya merekomendasikan buku ini sebagai salah satu pilihan referensi.

Pada dasarnya berjualan di kaskus hanya meminimalisir biaya dan memperbesar jangkauan pemasaran (menjadi sangat besar). Berhasil atau tidaknya jualan anda berpulang kembali pada kerja keras dan kesungguhan. Berikut adalah berapa tips agar bisa sukses berjualan di Kaskus yang dibagikan dalam buku ini:
1. Berikan deskripsi produk/jasa sejelas mungkin, seperti ukuran, material, warna, berat, kondisi dan lain-lain.
2. Ada pilihan penggunaan rekening bersama FJB untuk keamanan.
3. Jaga reputasi anda dengan baik yaitu :
a. Jaga mutu barang/jasa yang ditawarkan
b. Selalu mengikuti perjanjian transaksi yang telah disetujui dengan pembeli
c. Jaga kepuasan pelanggan dan tawarkan pembeli yang puas untuk memberikan testimonial
4. Pilihlah judul postingan/thread yang singkat dan mewakili produk yang anda jual. Jangan sekali-kali memakai singkatan.
5. Untuk menambah kepercayaan pembeli, anda dapat membuat avatar seller, yaitu avatar khusus dimana untuk mendapatkannya harus mengisi beberapa data pribadi, seperti nama, ID kaskus, alamat, nomor telepon/HP, email, dan lampiran foto KTP beserta buku tabungan.
6. Usahakan untuk komunikatif yaitu selalu menjawab semua pertanyaan pelanggan (ini pengalaman pribadi setelah ketemu seller yang ga niat jualan)

Selain untuk penjual, buku ini juga memberikan tips berbelanja di kaskus. Bagaimanapun dunia ini ga semuanya orang baik bukan? Berikut adalah tips berbelanja yang aman di kaskus :
1. Teliti sebelum membeli, periksa terlebih dahulu si penjual. Hal ini dapat dilakukan dengan cara :
a. Cari semua postingan si penjual, pastikan tidak ada satupun thread si penjual berada dalam sub forum blacklist (kunjungi www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=270)
b. Lihat testimony dari para pembeli yang pernah bertransaksi dengan penjual tersebut.
c. Lihat reputasinya. Jangan bergantung pada label “ijo-ijo”.
d. Bertanya atau berkonsultasi dengan sesama kaskuser
e. Lihat pada akhir thread, siapa tahu dulunya baik sekarang mulai “nakal”.
2. Jangan pernah memberikan informasi seperti nomor rekening, aku paypal dan informasi financial lainnya
3. Selalu untuk menukar barang langsung di depan muka. Jika anda mengikuti peraturan ini, maka kemungkinan besar akan selamat dari penipuan. Jika bertransaksi langsung , harap membawa teman sebagai saksi atau untuk membantu mengecek barang. Dengan demikian usahakan selalu COD alias barang antar dulu baru uang.
4. JIka COD, periksa secara detil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada)
5. Jika tidak memungkinkan untuk COD, minta teman yang satu kota dengan penjual untuk memeriksa barang tersebut sebelum bertransaksi
6. Jangan pernah mengirim uang melalui Wire-transfer service
7. Jauhilah semua transaksi yang dilakukan dengan pengiriman barang. Hanya scammer yang akan menggaransi transaksi anda.
8. Kaskus tidak pernah mengikuti dan mengawasi atau turut campur atas adanya semua transaksi yang terjadi di forumnya. Kaskus juga tidak menangani pembayaran, garansi, transaksi, lelang dan seterusnya. Sehingga pembeli harus benar-benar berhati-hati ketika melakukan transaksi.

Sebagai kesimpulan, berjualan dan berbelanja di Kaskus memberikan kemudahan dan keuntungan tersendiri. khususnya untuk pembeli, berbelanja di kaskus memberikan kesempatan untuk mendapatkan barang/jasa dibawah harga pasar, karena para penjual otomatis tidak terbebani biaya sewa toko dan lain-lain. Namun demikian, tetap perlu berpegang pada prinsip kehati-hatian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ngomong-ngomong, tahukah anda kalau kaskus itu singkatan dari kasak kusuk?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar