Kamis, 13 Oktober 2011

MENGAPA FACEBOOK BERWARNA BIRU?

Semua dimulai sekitar seminggu yang lalu ketika seorang sahabat menuliskan pertanyaan di akun multiply nya. Dia penasaran dengan mayoritas situs jejaring sosial yang condong berwarna biru. Mengapa facebook didominasi biru, mengapa juga twitter, tumbler dan multiply seolah ikut ikutan. Pertanyaan bagus, karena pada akhirnya aku menemukan bahwa warna bukan sekedar urusan tampilan tapi juga sebagai “identitas”.

Untuk membuktikan rasa penasaran si sahabat ini, saya melakukan riset kecil kecilan. Awalnya dengan membuka 11 situs jejaring sosial terpopuler (plus blogger) dan melihat apakah memang biru adalah warna pavorit mereka. Hasilnya lumayan membuatku tersenyum, karena memang tampaknya biru ada di mana-mana. ini hasil riset kecil kecilan yang tadi saya sebutkan :

1. Facebook (biru)













2. Zorpia (biru dengan perpaduan hijau)


3. Perfspot (biru














4. Twitter (biru)














5. Orkut (biru)














6. Hi5 (putih)














7. bebo (merah)














8. Friendster (abu abu dan biru)















9. myspace (abu abu)

10. Blogger (biru)














11. multiply (biru)














12. Tumbler (biru)















oke, mayoritas dari kedua belas situs ini memang menggunakan biru sebagai warna utama. Tapi apakah memang seperti itu kenyataannya untuk jutaan situs lain. Bisakah kita menyimpulkan bahwa biru adalah warna pavorit di internet? Menjadi yang terpopuler, bukan berarti mewakili seluruh dunia internet bukan?

jawabannya saya temukan di situs www.colourlovers.com yang membahas warna apa yang paling umum di gunakan situs-situs di internet. terutama untuk logo dan tampilan mereka (tulisan lengkapnya bisa dilihat disini dan disini), dan hasilnya mencengangkan. Mayoritas dari situs situs terkenal didunia menggunakan dua warna : biru dan merah. berikut tabel warna situs situs paling terkenal di internet:



BIRU dan MERAH. kenapa mayoritas situs menggunakan warna ini? ini pasti sesuatu banget (alhamdulillah yah). fenomena ini tidak sekedar di dunia internet tapi juga di dunia nyata tempat para perusahaan dan merek bertarung di pasaran. apa yang terjadi? lagi-lagi. BIRU dan MERAH.

jika memang pada akhirnya kita tahu bahwa mayoritas warna yang digunakan adalah biru dan merah. tinggal satu pertanyaan yang harus kita jawab. kenapa? apa yang membuat dua warna ini begitu disukai atau setidaknya menjadi pilihan pertama ketika orang orang hendak membuat merk atau logo.  kenapa?

Jawabannya saya temukan di situs www.colorcombos.com (lengkapnya bisa dibaca disini). Meskipun alasan utama facebook berwarna biru adalah karena Mark Zucerberg ternyata seorang buta warna (tapi dia masih bisa melihat biru), Biru ternyata memiliki arti yang sangat tepat untuk dunia bisnis. Biru mengekspresikan kemampuan untuk dipercaya, ketulusan dan kesetiaan. Perusahaan IBM memilih warna biru untuk mengekspresikan nilai nilai kestabilan, konservatisme dan nilai nilai yang dia usung.

Blue is always a safe choice, especially when operating internationally where certain colors have very different associations in foreign countries than they do here

Biru juga merupakan warna netral yang bisa diterima diseluruh dunia, dimana warna bisa berarti lain artinya pada berbagai tempat.

pemilihan warna sangatlah penting untuk sebuah produk. Hanya produsen baju pria yang nekat mengeluarkan desain dengan warna pink. Meskipun pada berbagai kalangan, pria berbaju pink masih bisa diterima. Pink mengekspresikan keintiman, kelembutan dan kewanitaan yang bertolak belakang dengan dunia ideal para pria yang memiliki kesan tangguh, tegas, jantan dan berwibawa.

Biru, lagi lagi memiliki keunggulannya sendiri. ini mungkin penjelasan mengapa facebook dan situs lain tetap mempertahankan warna birunya:

It is part of their well planned Marketing plan. Most colors distract and make the human eye focus on them while blue act as a transparent palette for 65% of time spending watching the main background aka index space. It is well known also that blue color is the nirvana for the brain, as well green. Well, their choice make the competition envy most of the time (Emil Kostov)
Biru tidak membuat kita terfokus padanya. sehingga waktu kita bisa lebih banyak dihabiskan untuk melihat konten dari sebuah situs daripada warna warni situs itu sendiri. Biru juga berasosiasi dengan langit dan laut yang memberikan kesan tenang dan luas. sebuah kenyamanan yang sengaja diciptakan agar kita lebih banyak menghabiskan waktu kita berselancar di internet. khususnya Facebook.

tapi saya punya teori lain kenapa facebook dan kawan kawan menggunakan warna biru. itu semata-mata karena pendiri semua situs tersebut adalah bobotoh Persib Bandung (maksa)....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar