Jumat, 08 Oktober 2010

Jambi oh Jambi....

Aku beruntung diberi kesempatan untuk pergi ke kota Jambi. kunjungan kali ini adalah untuk melaksanakan temu UMKM, KKMB dan Perbankan. KKMB adalah singkatan dari Konsultan Keuangan Mitra Bank. Untuk anda yang bingung apa maksud KKMB ini, bayangkan saja safir senduk atau aidil akbar, mirip-mirip seperti merekalah kerjaannya. bedanya, jika dua nama tadi urusannya dengan bisnis menengah ke atas. nah KKMB ini kliennya UMKM.

Program KKMB ini sendiri sejarahnya sudah cukup lama.tapi mungkin aku ceritakan nanti sajah yaa, karena aku sekarang ingin bercerita tentang Kota Jambi. Kota ini merupakan ibukota dari provinsi Jambi (mirip2 prov gorontalo yang nama ibukotanya gorontalo juga). seperti semua daerah di nusantara, Kota ini memiliki sebuah motto yaitu "Jambi Beradat". menurut situsnya (http://www.kotajambi.go.id) Jambi beradat ini artinya bersih, aman dan tertib.

soal urusan bersih, boleh dibilang kota jambi termasuk bersih. Minimal disepanjang perjalanan dari bandara menuju hotel, tidak terlihat "pemanis pemandangan" berupa tumpukan sampah di tepi-tepi jalan. Pendapatku ini harus dicek ulang karena aku tidak sempat keliling seluruh kota untuk melihat suasana kebersihannya(secara aku bukan dinas kebersihan dan bukan juga panitia lomba adipura)

setelah semua tugas dan pekerjaan selesai, aku sebenarnya berniat untuk melihat-lihat suasana kota. Rencananya cukup sederhana : (1) cari ojek, (2) sewa ojek untuk mengantar keliling kota (3) keliling kota (4) belanja kalau memang ada yang unik (5) pulang. Biasanya rencana ini selalu berhasil, nanti aku akan ceritakan pengalamanku jalan-jalan di kota-kota lain dengan metode diatas. Selepas maghrib, berangkatlah aku ke luar hotel.

setelah tanya ini itu ke petugas hotel, aku memutuskan dua hal : (1) belanja pempek khas kota jambi, (2) nongkrong di dekat mall Angso duo yang menurut petugas hotel adalah pusat keramaian kota. walaupun sudah ditawari untuk dicarikan taksi tapi tetap saja aku memilih untuk mencari ojek. Sebenarnya aku mancari becak motor yang umum di daerah sumatera, bagiku ada kesan tersendiri setiap naik moda transportasi yang satu ini.

terkadang terlalu percaya diri memang menyesatkan, begitulah jadinya diriku ini. mati gaya di pinggir jalan, sendirian tak tentu arah. ojek yang dicari tiada, angkutan umum entah kemana, jangan tanya taxi, karena sampai kakiku lemas berdiri, tak satupun lewat. terselip dalam benakku bahwa bisa jadi di jambi ini taxi dan harimau sudah masuk spesies yang terancam kepunahan

setelah dipikir-pikir, ternyata lokasi aku menginap memang dipinggir kota, walapun itungannya dekat dengan pusat kota. jadinya yaa agak sepi. dan menurutku agak seram karena lumayan gelap dan sepi.

karena keburu lapar ya sudah makan dulu, dan seperti seharusnya ketika jalan-jalan kemanapun, kita sebaiknya makan makanan khas daerah tersebut. dan jadilah aku makan pecel ayam... hehehe (sumpah disepanjang jalan ga ada warung jambi, yang ada warung padang)

alhamdulillah selepas makan ketemu juga dengan ojek yang dengan baik hati mau mengantar saya membeli pempek. sebagai informasi, ada beberapa merk pempek yang terkenal dijambi antara lain merk Selamet, Ahiong, dan Selerakoe. banyak orang bilang kalau pempek di jambi ini lebih enak daripada yang ada di palembang. tapi saya bau bawang putihnya terlalu kuat, sehingga agak merusak mood. secara umum rasa pempeknya sendiri dan cuka cukup enak.

sayang saya tidak bisa terlalu banyak berjalan-jalan di Jambi ini, berhubung memang ke sini bukan untuk jalan-jalan. oleh karena itu untuk juragan-juragan yang mau melihat objek-objek menarik di jambi silahkan main ke sini, kaskuser Saratoga yang kampungnya asli di Jambi sudah dengan baik hati membagikan keindahan dan objek objek di jambi

okeh sekian catatan amatiran inih, sampai ketemu di catatan lain

2 komentar:

  1. jiah man, dijambi itu paling gampang klo mo kemana2...
    tinggal naik angkot, trus tinggal tanya2 ke supir angkot or ke penumpangnya, baik2 kok, InsyAllah dikasih tau..

    dulu aja gw dines 4 hari sendirian disana bisa muter2 jambi..

    BalasHapus
  2. ika : akhirnya gw ketemu lagi blog inih... berhubung gw lupa akunnya en passwordnya hehe

    gitu ya? abis waktu itu unprep sih jadi ga sempet mikir kemana-mana

    BalasHapus